Tafsir Sufi Lata’if al-Isyarat

  • Habibi Al Amin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Tafsir Lata>’if al-Isya>ra>t merupakan tafsir sufi yang interpretasinya menunjukkan pengalaman kejiwaan mufasir dengan media bahasa sastra. Bagaimana tasawuf dan psikologi bertemu dalam menafsirkan Al-Qur’an, merupakan pertanyaan yang akan membimbing kita kepada pemahaman tafsir psikologi dalam tasawuf. Secara garis besar tasawuf dan psikologi mempunyai kesamaan di titik objek kajian yaitu jiwa. Penulis berusaha mencari titik temu antara tasawuf dan psikologi dalam membaca tafsir sufi. Indikasi penafsiran yang mewakili kejiwaan mufassir memberikan bendera pengakuan bahwa karya seorang mufasir mengaktualkan keadaan jiwanya dalam sebuah penafsiran. Klaim penulis dalam tulisan ini terletak pada persinggungan antara interpretasi tafsir sufi dengan psikologi. Interpretasi tafsir sufi selain dipengaruhi oleh tipologi paham sufi juga dipengaruhi oleh faktor ekspresi jiwa sebagai sumber interpretasi, yaitu ekspresi pengalaman jiwa sufi. Indikasi yang membuktikan adanya persinggungan itu adalah “penafsiran rasawi†yang diaktualkan melalui bahasa syair dan prosa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an al-Karim, Yogyakarta: Penerbit Mutiara Media

Mah}mu>d, ‘Abd al-H{ali>m dan Syari>f, Mah}mu>d bin al-. Tahqi>q Risalah al-Qusyairiyyah. Qa>hirah: Da>r al-Ma’a>rif, 1119 H.

Habil, ‘Abdurrah}ma>n. “Esoteric Traditional commentaries of al-Qur’anâ€, dalam Islamic Spirituality Fondation, Ed. Seyyed Hossein Nasr} . Publishing Company, 1987.

Arberry, A.J. Sufism:An Account of the Mystics of Islam. London, Allen & Unwin, 1950.

Sarra>j>, Abu> Nas}r al-. al-Luma’ fi al-Tas}awwuf . Qa>hirah: Maktabah ah al-Di>niyyah, 1990.

Taftazani, Abu> Wafa al-Ghanimi> al-. Madkhal ila> al-Tas}awwuf al-Islami>. Qa>hirah: Da>r S|aqa>fah wa al-Nashr, 2002.

Taftazani, Abu> Wafa al-Ghanimi> al-. Madkhal ila> al-Tas}awwuf al-Islami>. terj. Subkhan Ansori. Tasawuf islam . Jakarta: Gaya Media Pratama, 2008.

------------- Encyclopedia of Psychology.- New York, Chicester, Brisbane, Toronto-Singapore: John Wiley & Sons, 1994..

Brennan , James F. Sejarah dan Sistem Psikologi . Jakarta: Pustaka Ilmu, 2006.

Wilcox , Linn. Sufism and Psychology . Chicago: Abjad, 1995.

Qat}t}a>n, Manna>’ al-. Maba>hith fi> ‘Ulu>m al-Qur'a>n. Qa>hirah: Manshura>t al-‘As{r al-H{adi>th, 1973.

Zarqa>ni>, Muh}ammad ‘Abd Al-‘Az}i>m al-. Mana>hil al-‘Irfa>n fî 'Ulu>m al-Qur'a>n, Bairu>t: Da>r Al-Fikr, t.t.

S>>>}abu>ni>, Muh}ammad ‘Ali> al-. al-Tibya>n fi> ‘Ulu>m al-Qur'a>n. Bairut: ‘A, Muh}ammad Abu> al-Qa>sim ‘Abd al-Kari>m al-. al-Risa>lah al-Qusyairiyyah. Qa>hirah: Da>r al-Ma’a>rif, 1119 H.

Qushairi>, Muh}ammad Abu> al-Qa>sim ‘Abd al-Kari>m al-. Lat}a>’if al Isha>ra>t . Bairut: Dar al Kutub al ilmiyyah, 2007.

Qushairi>, Muh}ammad Abu> al-Qa>sim ‘Abd al-Kari>m al-. Risa>lah al-Qushairiyyah, terj. A. Ma’ruf Asrori. Jakarta: Pustaka Amani, 2007.

Ma’rifah, Muh}ammad Ha}di.> al-Tamhi>d fî ‘Ulu>m al-Qur'a>n. Qum: Muassasah al-Nashr al-Isla>mi>, 1416/1995.

Frager, Robert. Heart, Self & Soul: The Sufi Psychology of Growth, Balance, and Harmony (Wheaton: Theological Publishing House, 1999), cet I. terj. Hasmiyah Rauf, Psikologi Sufi, (Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2005.

S}a>lih , S}ubh}i. Maba>h}ith fî> ‘Ulu>m al-Qur’a>n. Bairu>t: Da>r al-‘Ilm li Al-Mala>ya>, 1988.

Freud, Sigmund. The Future on Illusion, Editor: James Stracey and Peter Gay . London: WW. Norton & Company, 1989.

Referensi Journal

Aida Islam, Stefanija Leskova-Zelenkovska, “The Islamic Mystical Spiritual Music Tradition in the Era of New Musical Tendenciesâ€, Asian Social Science 8. 6 (May 2012): 170-174. Diakses pada 10 February 2013 22:58.

Annabel Keeler, “Tafsir Sufistik Sebagai Cermin: al-Qushairi> Sang Mursid dalam Karyanya Lat}a>if al-Isha>ra>t,†Jurnal Studi Al-Qur’an Volume II No I (2007), 17

Benjamin Clark Gatling, “Post-Soviet Sufism: Texts and the Performance of Tradition in Tajikistanâ€, Dissertasion The Ohio State University, 2012.

C A Barnsley, “The essentials of Ibadi Islamâ€, Choice 50. 4 (Dec 2012): 685. Diakses pada 10 February 2013 23:47.

Gretty M. Mirdal, “Mevlana Jalal-ad-Din Rumi and Mindfulnessâ€, Journal of Religion and Health 51. 4 (Desember 2012), 1.

Ian McConnon, “Substance and providence in the old french theological Romanceâ€, A Dissertation to the Faculties of the University of Pennsylvania, 2012.

Mesut Okumus, “The Influence of Ibn Sina on al-Ghazzali in Qur'anic Hermeneuticsâ€, The Muslim World 102. 2 (Apr 2012): 390. http://search.proquest.com/docview/1027096339?accountid=133190.11 February 2013 01:03.

Novizal Wendri, â€Penafsiran Simbolik al-Qushairi dalam Lataif al-Isharat,†Jurnal Studi Al-Qur’an Volume II No I (2007), 281.

Abdurrahim Yapono. Disertasi Penafsiran Simbolik al-Qushairi dalam Lataif al-Isharat . Universitas Malaya, Malaysia. 2006

Oliver Leaman, “The Lamp of Mysteries: A Commentary on the Light Verse of the Quranâ€, Philosophy East and West 63. 1 (Jan 2013): 99-101. Diakses pada 10 February 2013 22: 03.

Omaima Abou-Bakr, “Abrogation of the Mind in the Poetry of Jalal al-Din Rumiâ€, Alif: Journal of Comparative Poetics, No. 14, (Madness and Civilization : 1994), 37-63. Penelusuran dapat dilakukan pada: URL: http://www.js

Taneli Kukkonen,â€Receptive to Reality: Al-Ghazali on the Structure of the Soulâ€, The Muslim World 102. 3/4 (Oct 2012): 541.

Todd Lawson, “Typological Figuration and the Meaning of "Spiritual": The Qur'anic Story of Josephâ€, Journal of the American Oriental Society 132. 2 (Apr-Jun 2012): 221-244. Diakses pada . 11 February 2013 01:02.

Todd LeRoy Perreira, “"Die before you die": Death Meditation as Spiritual Technology of the Self in Islam and Buddhismâ€,The Muslim World 100. 2/3 (Apr-Jul 2010): 247. Penelusuran URLhttp://search.proquest.com/docview/357156382?accountid=133190.

Published
2016-11-15
How to Cite
Amin, H. (2016). Tafsir Sufi Lata’if al-Isyarat. SUHUF, 9(1), 59 - 77. https://doi.org/10.22548/shf.v9i1.84
Section
Articles