Nalar Moderasi Tafsir Pop Gus Baha'

Studi Kontestasi Pengajian Tafsīr al-Qur’an di YouTube

  • Fathurrosyid Fathurrosyid INTSIKA Guluk-Guluk Sumenep Madura
Kata Kunci: Nalar Moderasi, Gus Baha, Kontestasi, Tafsir Pop

Abstrak

Abstrak

Revolusi new media (media baru) telah memberikan kebebasan kepada otoritas keagamaan (Islam), baik otoritas lama maupun otoritas baru untuk berkontestasi merebut hati masyarakat. Namun fakta yang terjadi, ruang publik sedang dikuasai oleh otoritas keagamaan baru yang berwajah Islam radikal dan intoleran. Selain pemerintah dan institusi pendidikan, upaya menghalau ekstremisme melalui kontra narasi juga dilakukan oleh masyarakat sipil dengan cara mengkTafsīrampanyekan moderasi Islam. Tulisan ini membahas diseminasi nalar moderasi Tafsīr Pop Gus Baha’ di youtube. Fokus tulisan ini pada aspek kontestasi diseminasi nalar moderasi Tafsīr Pop Gus Baha’ di youtube terhadap otoritas baru sebagai upaya deradikalisasi Tafsīr. Dengan menggunakan data etnografi virtual, tulisan ini menghasilkan kesimpulan; Pertama, diseminasi rekonstruksi mukjizat Al-Qur’an dan logika argumentatif dalam berdakwah. Kedua, diseminasi urgensi nasikh-mansukh sebagai kritik terhadap gerakan Islam Kaffah serta nalar moderasi prioritas sikap loyalitas menjaga keutuhan NKRI dari ancaman separatisme. Ketiga, diseminasi kontra narasi pencatutan status Allah untuk menghalau gerakan ekstremisme dan radikalisme.

Kata Kunci: Kontestasi, Gus Baha’, Nalar Moderasi, Tafsīr Pop.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Fathurrosyid, lahir di Sumenep 09 Maret 1981. Perjalanan pendidikan penulis dimulai dari MI (1986-1992), MTs. (1992-1995) hingga MA (1995-1998), semuanya diselesaikan di PP. Hidayatut Thalibin, Kec. Pragaan, Kab. Sumenep Madura. Kemudian pada tahun 1998, penulis berangkat ke kota Gudeg Jogjakarta untuk mendalami kitab kuning pada Syaikhana KH. Zainal Abidin Munawwir dan KH. Ahmad Warson Munawwir (Allah Yarhamuhhuma) di Al-Ma’had Al-‘Aly, Fakultas Syari’ah PP. Al-Munawwir Krapyak Jogjakarta (1998-2003), serta sambil kulliah (S1) di program studi Tafsir Hadits, Fak. Ushuluddin IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, lulus 2003. Kemudian pada tahun 2009, ia melanjutkan studi di Program Pascasarjana (S2) di IAIN Sunan Ampel Surabaya dengan mengambil program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, dan pada Tahun 20011, penulis melanjutkan studi program doktoral (S3) di UIN Sunan Ampel Surabaya dengan konsentrasi Ilmu Tafsir.

Selain menjadi dosen tetap, ia juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, di Fak. Ushuluddin, INSTIKA (Institut Ilmu Keislaman Annuqayah) Guluk-Guluk Sumenep Madura. Kecuali itu, penulis juga aktif menulis di beberapa jurnal, berupa; (a) Reformulasi Epistemologi al-Jabiri; Sebuah Tawaran Model Integratif-Interkonektif, dalam Jurnal STAIN Jember, 2011  (b) Meramal Masa Depan Pendidikan Pesantren; Deskripsi Antropologis dan Kritik Epistemologis, dalam Jurnal Tafhimil Ilmi, STIT Aqidah Usymuni, Tarate Sumenep, 2011 (c) Tindak Tutur dalam Hadith-hadith Etika; Studi Analitik-Pragmatik, dalam Jurnal OKARA; Jurnal Bahasa STAIN Pamekasan, 2012 (d) Dikotomisasi Ilmu Pengetahuan; Suatu Ikhtiar Mengakhirinya, dalam Jurnal Tafhmil Ilmi, STIT Aqidah Usymuni, Sumenep 2012, (e) Semiotika Kisah Ratu Balqis dalam al-Qur’an,  dalam PALASTReN; Jurnal Studi Gender, Pusat Studi Gender STAIN Kudus, Vol. 6, Nomor 1, Juni 2013. (f)  Tipologi Ideologi Resepsi al-Qur’an di Kalangan Masyarakat Madura, dalam Jurnal el-Harakah, UIN Malang, Vol 17. No. 02, Tahun 2015. (g) Islam Progresif Versi Abdullah Saeed, dalam Jurnal al-Ihkam, STAIN Pamekasan, Vol. 10. No. 2 Tahun 2015. Adapun buku yang dipublikasikan adalah “Semiotika Kisah al-Qur’an; Membedah Perjalanan Religi Raja Sulaiman dan Ratu Balqisâ€, Buku Ajar “Studi al-Qur’anâ€, Penerbit Kopertais IV Surabaya, 2015. Penulis bisa dihubungi via email: fathurrosyid090381@gmail.com

 

Referensi

Al-Afriq?, Ibn Man?r. 2002. Lis?n Al-‘Arab, Vol. 9. Kairo: D?r Al-Had??.

Al-‘Ain?, Badr Ad-D?n. T.Th. ‘Umdat Al-Q?r? Syar? ?a??? Al-Bukh?r?, Vol. VII. Beirut: D?r I?y?’ Al-Tur??.

Akmaliah, Wahyudi. 2013. “Anak Muda, Radikalisme dan Budaya Populer.”Jurnal Ma’arif Institue 8(1): 67-80.

Arif, Moch. Choirul. 2012. “Etnografi Virtual: Sebuah Tawaran Metodologi Kajian Media Berbasis Virtual.” Jurnal Ilmu Komunikasi 2(2): 172-173.

Al-‘Asqal?n?, Ibu ?ajar. 1379. Fat? Al-B?r? Syar? ?a??? Al-Bukh?r?, Vol. IX. Bairut: D?r Al-Ma’rifah.

Asrori, Ahmad. 2015. “Radikalisme Di Indonesia: Antara Historis dan Antropisitas.”Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam 9(2): 253-268.

Azra, Azyumardi. 1999. Renaisans Islam Asia Tenggara; Sejarah Wacana dan Kekuasaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al-B?q?, Mu?ammad Fu’?d ‘Abd. 1364. Al-Mu‘Jam Al-Mufahras Li Alf?? Al-Qur’?n. Kairo: D?r Al-Kutub Al-Mi?riyyah.

Al-Bukh?r?, Mu?ammad Ibn Ism?‘?l. 1422. ?a??? Al-Bukh?r?, Vol. II. Damaskus: D?r Al-?uq Al-Naj?h.

Bruinessen, Martin Van. 2012. Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat. Yogyakarta: Gading Publishing.

Drajat, Zakiah. 2017. “Muhammadiyah dan NU: Penjaga Moderatisme Islam di Indonesia”. Hayula Indonesian Journal Of Multidisciplinary Islamic Studies

(1): 79-94.

Ekayanti, Mayolisia Indah Budi & Siti Darojatul Aliah. 2018. “Ragam Langkah

Mengatasi Ekstremisme Kekerasan”. Dalam Menghalau Ekstremisme Konsep & Strategi Mengatasi Ekstremisme Kekerasan Di Indonesia. Jakarta: Wahid Foundation.

Fathurrosyid. 2015. “Islam Progresif Versi Abdullah Saeed: Ikhtiar Menghadapi Problem Keagamaan Kontemporer”, Dalam Jurnal Al-Ihkam 10(2): 286-308.

Fealy, Greg dan Anthony Bubalo. 2007. Jejak Kafilah: Pengaruh Radikalisme Timur Tengah di Indonesia. Bandung: Mizan.

Fealy, Greg dan Sally White. 2008. Expressing Islam: Religious Life And Politic In Indonesia. Singapore: ISEAS Institute Of Southeast Asian Studies.

Fealy, Greg dan Sally White. 2012. Ustad Seleb: Bisnis Moral Dan Fatwa Online.

Jakarta: Komunitas Bambu. Hairul, Moh. Azwar. 2019. “Tafsir Al-Qur’an di Youtube: Telaah Penafsiran Nouman

Ali Khan di Channel Bayyinah Institute Dan Quran Weekly”. Al-Fanar:

Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2(2): 89-106.

Al-?alab?, ‘Al? Mu?ammad. 2001. Al-Wasa?iyyah F? Al-Qur’?n Al-Kar?m. Kairo:

Maktabah ‘Ain Asy-Syams.

Haryanto, Ariel Dan Eric Sasono. 2015. Identitas dan Kenikmatan: Politik Budaya Layar Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Hasan, Noorhaidi. 2018. “Menuju Islamisme Populer”. Dalam Literatur Keislaman Generasi Milenial: Transmisi, Apropriasi Dan Kontestasi. Yogyakart Pascasarjana UIN Sunana Kalijaga Press.

Hilmy, Masdar. 2012. “Quo-Vadis Islam Moderat Indonesia?; Menimbang Kembali Modernisme Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah”. Jurnal Miqot 34(2): 262-281.

______. 2013. “Whither Indonesia’s Islamic Moderatism? A Reexamination On The Moderate Vision Of Muhammadiyah And NU,” Dalam Journal Of Indonesian Islam 7(1): 27.

______. 2018. “Antroposentrisme Beragama”, Kompas, 4/7/. Kamali, Mohammad Hasyim. 2015. The Middle Path Of Moderation In Islam, The

Qur’anic Principle Of Wasathiyah. Oxford: Oxford University Press.

Kiptiyah, Siti Mariatul. 2017. “Kyai Selebriti dan Media Baru.” Jurnal Masyarakat & Budaya 19(3): 339-352.

______. 2020. Warisan Islam Nusantara: Tafsir Al-Qur’an Carakan Dan Narasi

Reformisme. Semarang: Elsa Press.

Kusuma, Rina Sari, Nur Azizah, 2018. “Melawan Radikalisme Melalui Website.” Jurnal Aspikom 3(5): 942-967.

Mcluhan, Masrhal. 1962. The Gutenberg Galaxy: The Making Of Thporaphic Man. Toronto: University Of Toronto Press.

Mustaqim, Abdul. 2018. Tafsir Jawa; Eksposisi Nalar Sufi-Isyari Kiai Sholeh Darat; Kajian Atas Surat Al-Fatihah Dalam Kitab Faid Al-Rahman. Yogyakarta: Idea Press.

______. 2013. “Deradikalisasi Penafsiran Al-Qur’an Dalam Konteks Keindonesiaan yang Multikultur.” Jurnal Suhuf 6(2): 149–167.

Muthohirin, Nafi’. 2015. “Radikalisme Islam dan Pergerakannya di Media Sosial.” Jurnal Afkaruna 11(2): 240-259.

An-Nais?b?r?, Ab? Al-?asan Al-Qusyair?. T.Th. Al-Musnad A?-?a??? Al-Mukhta?ar Bi Naqli Al-‘Adl ‘An Al-‘Adl Il? Rasulill?h, Vol. V. Bairut: D?r Ihy?’ Al-Tur?? Al-‘Arab.

Pranawati, Rita. 2019. “Menelisik Akar Radikalisme Di Masjid”. 2019. Dalam Masjid di Era Milenial: Arah Baru Literasi Keagamaan. Jakarta: CRCS UIN Jakarta.

Al-Qar??w?, Y?suf. 2007. Kalim?t F? Al-Wasa?iyyah Al-Isl?miyyah Wa Ma‘?limih?. Kuwait: Al-Markaz Al-‘Alam? Li Al-Wasa?iyyah.

Al-Qur?ub?, Ab? ‘Abdull?h Mu?ammad. 1964. Al-J?mi‘ Li A??m Al-Qur’?n, Vol. II. Kairo: D?r Al-Kutub Al-Mi?riyyah.

Rahmat, M.I. 2003. Islam Pribumi, Islam Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ar-R?z?, Fakhr Ad-D?n. T.Th. Maf?t?? Al-Ga?b, Vol. IX. Beirut: D?r Ihy?’ Al-‘Arab?.

Shihab, M. Quraish. 2019. Wasathiyyah: Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama. Tangerang: Lentera Hati.

Sholihah, Nur, Zahratul Isti’anah, Zaenatul Hakamah. 2019. “Rekonstruki

Pemahaman Konsep I’jaz Al-Qur’an Perspektif Gus Baha.” Jurnal Qof 3(2):

-193.

Tim Penyusunan Kementerian Agama RI,. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta:

Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI.

Wahid, Abdurrahman. 2006. Islamku Islam Anda Islam Kita: Agama Masyarakat Negara Demokrasi

Wahid, Din. 2014. “Kembalinya Konservatisme Islam Indonesia”. Studi Islamika; Indonesia Journal For Islamic Studies 21(2): 34-52.

Yahya, Iip D. 2019. “Kisah Gus Baha: Perkawinan Hingga Karier Intelektual”. Https:// Alif.Id/Read/Iip-D-Yahya/Kisah-Gus-Baha-Nasab-Perkawinan-Hingga- Karirintelektualnya-B215367p/. Diakses Pada Tanggal 12 Maret 2020.

Diterbitkan
2020-06-22
Bagian
Artikel