Indeks Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Mahasiswa UIN di Indonesia
Tingkat Kemampuan, Faktor Penyebab, dan Upaya Peningkatannya
Abstrak
Tulisan ini menyajikan hasil penelitian indeks kemampuan baca tulis Al-Qur’an mahasiswa UIN di Indonesia tahun 2019. Penelitian dilakukan dalam rangka memotret dan memetakan kemampuan baca tulis Al-Qur’an mahasiswa UIN dan mengurai sejumlah faktor yang melatarbelakanginya, serta upaya yang telah dilakukan UIN dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi mahasiswanya. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mix methode) didapat gambaran bahwa indeks kemampuan baca tulis Al-Qur’an mahasiswa UIN di Indonesia secara nasional berada pada tingkat sedang. Namun di balik itu ditemukan gambaran lain yang menunjukkan indeks kamampuan baca tulis Al-Qur’an di sejumlah UIN berada pada tingkat rendah, bahkan terendah. Salah satu faktor utamanya adalah katidaktuntasan dalam menempuh pembelajaran Al-Qur’an sebelum masuk menjadi mahasiswa UIN. Sejumlah program telah diupayakan UIN untuk mengatasi kondisi tersebut, namun hasilnya beragam dan belum sepenuhnya efektif. Membenahi sistem pendidikan Al-Qur’an di semua jenjang menjadi sebuah upaya yang harus dilakukan, di samping membuat standarisasi pembinaan peningkatan baca tulis Al-Qur’an di perguruan tinggi
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Antaranews. 2019. “Rektor: Mahasiswa Baru UIN Yogyakarta Wajib Ikut Program Pesantren”. https://www.antaranews.com/berita/797736/rektor-mahasiswabaru-uin-yogyakarta-wajib-ikut-program pesantren
Badri, E. & Munawaroh. 2008. Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Al-Qur’an pada Siswa SMA. Puslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Jakarta.
Broughton, Geoffrey. 1980. Teaching English as a Foreign Language. Pincas University of London Institute of Education, England.
Budiyanto, Muhammad. 1995. Prinsip-prinsip Metodologi Buku Iqro’. Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an LPTQ Naional Team Tadarus “AMM”, Yogyakarta.
Consuelo dkk. 1992. Research Methode. Philippinne.
Dasrizal. 2016. “Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2016/2017.” Ushuluna: Jurnal Ushuluddin 2(3): 73-91.
Giftia, Gina. 2014. “Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Huruf Al-Qur’an Melalui Metode Tamam pada Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.” Jurnal Istek 8(1): 142-158.
Haq, Andri Moewashi Idharoel dkk. 2016. “Profil Kemampuan Membaca Al-Quran Mahasiswa Melalui Kegiatan Peer Mentoring.” Jurnal Ummi 10(2): 40-44.
Hardivizon dan Anrial, “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa”. Fokus : Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, Vol.1, No. 01, 2016.
Hasri dan Nur Rahmah. 2016. “Kemampuan Baca Tulis Al-Quran dan Korelasinya terhadap Kemampuan Matematika Mahasiswa Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo.” Al-Khawarizmi: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 4(2): 163-172.
Kosasih, Ahmad. 1991. “Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa IKIP Padang Semester I Tahun 1990/1991”. Istitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Padang.
Qadduri, Ganim. 2017. Syar? al-Muqaddimah al-Jazariyah. D?rul Gau??ni lidDir?sah al-Qur’?niyah, Lebanon.
Sofyan, Nurholis & Hendra. 2019. “Strategi Pembelajaran Al-Qur’an di Ma’had AlJami’ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh”, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan.
Suara Merdeka News. 2018. “520 Mahasiswa Ikuti Program Baca Tulis Al Quran”. https://www.suaramerdeka.com/news/baca/148795/520-mahasiswa-ikutiprogram-baca- tulis-al-quran
Suherman. 2017. “Pengaruh Kemampuan Membaca Alqur’an terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Politeknik Negeri Medan.” Jurnal Ansiru 1(2): 1-7.
Tim Peneliti Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan. (2016). Indeks Literasi al-Quran Nasional Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun 2016. Makalah belum diterbitkan.
Tu’aimah, Rusydi A?mad. 1989. Ta‘l?m al-‘Arabiyah li Gair an-Na?iq?na bih?: Man?hijuh? wa As?libuh?, Rabat: al-Mun??amah al-Islamiyah li atTarbiyah wa al-‘Ul?m wa a?-?aq?fah.
Wawancara
Eni Zulaikha (Pengasuh Unit Tahfiz Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung) tanggal 25 September 2019.
Deden Suparman (Kepala Unit Tahfiz UIN Sunan Gunung Djati Bandung) tanggal
September 2019.
Nurcholis (Pimpinan Ma’had al-Jami’ah UIN ar-Raniri Banda Aceh) tanggal 11 September 2019.
Ahmad Muradi (Kepala Unit Pelayanan Bahasa UIN Antasari Banjarmasin) tanggal 23 September 2019.
Muhammad Hasyim (Dewan Pembina Hai’ah Tahfiz Al-Qur’an/Pengasuh Ma’had al-Jami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) tanggal 13 September 2019.
Yufni Faisol (Dekan Fakultas Adab UIN Imam Bonjol Padang) tanggal 13 September 2019.
© Copyright CC BY-SA