VERBALISASI AL-QUR’AN DAN NILAI PANCASILA:

LEGITIMASI SURAH AL-MĀ’IDAH/5: 49

  • Muhammad Alwi HS Muhammad Alwi HS
Keywords: Al-Ma'idah/5: 49, Law of God, Pancasila, Verbalization of the Qur'an

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memahami kandungan surah al-Mā’idah/5: 49 berdasarkan metode verbalisasi Al-Qur’an dari Arab ke Indonesia. Upaya ini dihadirkan sebagai alternatif, dengan berangkat dari jati diri Al-Qur’an sebagai teks lisan, dalam menghubungkan spirit Al-Qur’an dengan Pancasila. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pemahaman verbalisasi surah al-Mā’idah/5: 49, dan bagaimana relevansi spirit ayat tersebut dengan Pancasila sehingga Pancasila dapat dilegitimasi oleh ayat ini? Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa surah al-Mā’idah/5: 49 pada penyampaiannya secara lisan sedang merespon upaya diskriminasi yang dilakukan oleh kelompok pemuka Yahudi terhadap kelompok lain yang lebih rendah darinya, serta mengabaikan sikap adil dalam menetapkan hukum. Allah, melalui ayat ini yang kemudian dilakukan oleh Nabi Muhammad, menolak sikap pemuka Yahudi tersebut. Berdasarkan pedoman hidup surah al-Mā’idah/5: 49 ini, Pancasila yang sejak kelahirannya berangkat dari nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, keberagaman Indonesia, mendapat porsi untuk dilegitimasi oleh surah al-Mā’idah/5: 49, sebagaimana atas dasar kesamaan spirit yang disuarakan. Terlebih lagi, dalam lima sila Pancasila, semuanya menampilkan nilai-nilai holistik, adil, dan sesuai spirit Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abb?s, ‘Abdull?h bin. 2004. Tafsir Ibn ‘Abb?s. Beirut: Dar al-Kut?b Al-‘Ilmiyah.

Abu Zaid, Nasr Hamid. 1993. Mafh?m an-Na?: Dir?sat f? ‘Ul?m Al-Qur’?n. Kairo: alHay’ah al-Misriyah.

_______. 2002. Tekstualitas Al-Qur’an: Kritik terhadap Ulumul Qur’an, terj. Khoiron Nahdliyyin. Yogyakarta: LKiS.

Al-Amin, Ainur Rafiq, 2012, Membongkar Proyek Khilafah ala Hizbut Tahrir Indonesia, Yogyakarta: LKiS.

Arifin, Syamsul. 2010. Ideologi dan Praksis Gerakan Sosial Kuam Fundamental : Pengalaman Hizb al-Tahrir Indonesia. Malang: UMM Press.

Arkoun, Muhammad. 1998. Kajian Kontemporer Al-Qur’an, terj. Hidayatullah. Bandung: Pustaka.

_______. 1994. Nalas Islam dan Nalar Moderat: Berbagai Tantangan dan Jalan Baru. terj. Rahayu S. Hidayat. Jakarta: INIS.

AS, A. Syafi’. 2016. “Pengaruh Nilai-nilai Pancasila dan Ajaran Islam terhadap tujuan Pendidikan Nasional”, Sumbula 1(1).

al-A?fah?n?, ar-R?gib, 1412 H. al-Mufrad?t f? Gar?b al-Qur'?n. Damaskus: D?r alQalam.

Al-B?qi, Mu?ammad Fu’ad Abd. 1984. Mu’jam al-Mufahras li al-F?? Al-Qur’?n alKar?m, jild I, Beirut: Dar al-Hadits.

Darmodiharjo, Darji. “Orientasi Singkat Pancasila” dalam Darji Darmodiharjo dkk, 1984. Santiaji Pancasila: Suatu tinjauan filosofis, historis dan yuridiskonstitusional, Surabaya: Usaha nasional.

Fatikhin, Roro, 2017. “Keadilan Sosial dalam Perspektif Al-Qur’an dan Pancasila” Jurnal Panangkaran, Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat 1(2).

Fuad, Fokky, 2012. “Islam dan Ideologi Pancasila, Sebuah Dialektika”, Jurnal Lex Jurnalica 9(3) Great Clarendon Street, 2019. Oxford Dictionary of English. New York: Oxford University Press. www.mobisystems.com

Hamka. 2007. Tafsir Al-Azhar. Malaysia: Pustaka Islamiyah.

Hariyono. 2014. Ideologi Pancasila: Roh Progresif Nasionalisme Pancasila. Jakarta: Intrans Publishing.

Hidayat, Asep Ahmad. 2009. Filsafat Bahasa: Mengungkap Hakikat Bahasa, Makna, dan Tanda. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hitti, Philip K. 2006. History of The Arabs: From the Earliest Timer to the Present, terj. R. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

HS, Muh. Alwi. 2018. “Penafsiran M. Quraish Shihab tentang QS. al-Qalam dalam Tafsir Al-Mishbah: dari Teks ke Lisan”, Skripsi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

_______. 2019a. Tafsir Tulis Versus Tafsir Lisan: Perbandingan Tafsir Tulis dan Lisan M. Quraish Shihab tentang QS. al-Qalam dalam Tafsir Al-Mishbah. Yogyakarta: Pranala Press.

_______. 2019b. Perbandingan Tafsir Tulis dan Lisan M. Quraish Shihab tentang QS. al-Qalam dalam Tafsir al-Misbah (Analisis Ciri Kelisanan Aditif Alih-alih Subordinatif), dalam Jurnal Ilmiah Ushuluddin 18(1).

Husaini, Adian. 2009. Pancasilah bukan untuk Menindas Hak Konstitusional Umat Islam: Kesalahpahaman dan Penyalahpahaman terhadap Pancasila 1945- 2009. Jakarta: Gema Insani.

Al-Husaini, al-Hamid. 2000. Membangun Peradaban Sejarah Muhammad SAW Sejak sebelum Diutus menjadi Rasul. Bandung: Pustaka Hidayah.

Irawan, Muhammad Alan Putra. 2018. “Diskursus Khilafah dalam Media Televisi Indonesia (Studi Analisis Wacana Kritis Program Acara Aiman Epiosed “Mendadak Khilafah” di KompasTV). Skripsi Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Izad, Rohmatul, 2017. “Fenomena Penistaan Agama dalam Perspektif Islam dan Filsafat Pancasila (Studi Kasus terhadap Demo Jilid II pada 04 November 2016)” Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat 1(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Sejarah Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lidwa Pusaka i-Software - Kitab 9 Imam Hadist.

Mahfud MD, Moh, 2010. Perdebatan Hukum Tata Negara Pasca Amandemen Konstitusi. Jakarta: Rejawali Pres.

Man??r, Ibnu. Tt. Lis?nul ‘Ar?b. Beirut: Dar Shadir.

Misrawi, Zuhairi. 2017. Al-Qur’an Kitab Toleransi: Tafsir Tematik Islam Rahmatan Lil ‘Alamin.Jakarta: Pustaka Oasis.

Muhsin, Amina Wadud. 1992. Qur’an and Woman. Kuala Lumpur: Fajar Bakti.

Mulyadi, Dedi, 2014. Internalisasi Nilai-nilai Ideologi Pancasila dalam dinamika demokrasi dan perkembangan ketatanegaraan indoensia. Bandung: Refika Adtama.

Ong, Walter J. 2013. Kelisanan dan Keaksaraan. terj. Rika Iffati. Yogyakarta: Penerbit Gading.

al-Qa??an, Manna. 2005. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. terj. Anunur Rafiq ElMazni. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Qur??bi. 2008. Tafs?r al-Qur??bi, terj. Ahmad Khotib. Jakarta: Pustaka Azzam.

Rahman, Fazlur, 1982. Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition Chicago: University of Chicago Press.

_______. 2017. Islam: Sejarah Pemikiran dan Peradaban, terj. M. Irsyad Rafsadie. Bandung: Mizan. Saeed, Abdullah. 2016. Al-Qur’an Abad 21: Tafsir Kontekstual, terj. Ervan Nurtawab (Bandung: Mizan.

_______. 2014. Reading the Qur’an in The Twenty-First Century: A Contextualist Approach, Oxon and New York: Routledge. Saksono, Gatut. 2007. Pancasila Soekarno (Ideologi Alternatif terhadap Globalisasi dan Syariat Islam).Yogyakarta: Urna Cipta Media Jaya.

_______. 2003. Kamus Besar Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Pres).

Samsuri, 1982. Analisis Bahasa: Mehamami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.

Saussure, Ferdinand de. 1988. Pengantar Lingiustik Umum, terj. Rahayu S. Hidayat Yogyakarta: Gadjah Mada University press.

Schoeler, Gregor. 2006. The Oral and The Writtern in Early Islam, terj. Uwe Vagelpohl (New York: Routledge.

Shihab, M. Quraish. 1994. Studi Kritis Tafsir al-Manar: Karya Muhammad Abduh dan M. Rasyid Ridha. Jakarta: Pustaka Hidaya.

As-Suy???, Jal?luddin. 2008. Sebab Turunnya Ayat Al-Qur’an, terj. tim Abdul Hayyie. Jakarta: Gema Insani.

_______. 2012. al-Itq?n f? ‘Ul?m Al-Qur’an. Beirut: Dar al-Fikr.

Syahrur, Muhammad. 1990. al-Kit?b wa Al-Qur'?n: Qir?’ah Mu’??irah. Damaskus: Dar al-Ahali.

Syamsuddin, Sahiron. 2017. Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Qur’an (edisi Revisi dan Pengambangan). Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press.

Syarif, Nurrohman. 2016. “Syariat Islam dalam Perspektif Negara Hukum berdasar Pancasila”, Pendetca 11(2).

A?-?ab?ri, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. 1992. J?mi’ al-Bay?n f? Tafs?r Al-Qur’?n.Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah.

Tim Penulis HTI. 2006. Syariah Islam dalam Kebijakan Publik. Jakarta: HTI Press.

Ullmann, Stephen. 2012. Pengantar Semantik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Vansina, Jan. 2014. Tradisi Lisan Sebagai Sejarah. terj. Astrid Reza, dkk. Yogyakarta: Ombak.

Al-Wa??di, Abi al-?asan Ali bin A?mad. 1991. Asb?b Al-Nuz?l Al-Qur’?n. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah.

Wijaya, Aksin. 2018. Dari Membela Tuhan Ke Membela Manusia: Kritik atas Nalar Agamisasi Kekerasan. Bandung: Mizan.

Zakariya, Abu Al-Husain Ahmad bin Faris bin. 1979. Mu’jam Muqays Lugah, Jild. I. Beirut: Dar alFikr.

Az-Zark?sy?, Badruddin Muhammad bin Abdullah. 2006. al-Bur??n f? ul?m AlQur’?n. Beirut: Dar Hadis

Schoeler, Gregor. 2006. The Oral and The Writtern in Early Islam, terj. Uwe Vagelpohl (New York: Routledge.

Shihab, M. Quraish. 1994. Studi Kritis Tafsir al-Manar: Karya Muhammad Abduh dan M. Rasyid Ridha. Jakarta: Pustaka Hidaya.

As-Suy???, Jal?luddin. 2008. Sebab Turunnya Ayat Al-Qur’an, terj. tim Abdul Hayyie. Jakarta: Gema Insani.

_______. 2012. al-Itq?n f? ‘Ul?m Al-Qur’an. Beirut: Dar al-Fikr.

Syahrur, Muhammad. 1990. al-Kit?b wa Al-Qur'?n: Qir?’ah Mu’??irah. Damaskus: Dar al-Ahali.

Syamsuddin, Sahiron. 2017. Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Qur’an (edisi Revisi dan Pengambangan). Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press.

Syarif, Nurrohman. 2016. “Syariat Islam dalam Perspektif Negara Hukum berdasar Pancasila”, Pendetca 11(2).

A?-?ab?ri, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. 1992. J?mi’ al-Bay?n f? Tafs?r Al-Qur’?n. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah.

Tim Penulis HTI. 2006. Syariah Islam dalam Kebijakan Publik. Jakarta: HTI Press.

Ullmann, Stephen. 2012. Pengantar Semantik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Vansina, Jan. 2014. Tradisi Lisan Sebagai Sejarah. terj. Astrid Reza, dkk. Yogyakarta: Ombak.

Al-Wa??di, Abi al-?asan Ali bin A?mad. 1991. Asb?b Al-Nuz?l Al-Qur’?n. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah.

Wijaya, Aksin. 2018. Dari Membela Tuhan Ke Membela Manusia: Kritik atas NalarAgamisasi Kekerasan. Bandung: Mizan.

Zakariya, Abu Al-Husain Ahmad bin Faris bin. 1979. Mu’jam Muqays Lugah, Jild. I.Beirut: Dar alFikr.

Az-Zark?sy?, Badruddin Muhammad bin Abdullah. 2006. al-Bur??n f? ul?m AlQur’?n. Beirut: Dar Hadis

Published
2019-12-31
How to Cite
HS, M. (2019). VERBALISASI AL-QUR’AN DAN NILAI PANCASILA:. SUHUF, 12(2), 327-346. https://doi.org/10.22548/shf.v12i2.473
Section
Articles