Patriarki dalam Kitab Suci yang Terkomodifikasi

Kajian terhadap Al-Qur’an Terjemahan Wanita Cordoba

  • Muhammad Dluha Luthfillah Islam dan Kajian Gender, Interdisciplinary Islamic Studies, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kata Kunci: Al-Qur’an Terjemahan Wanita, Komodifikasi Kitab Suci, Patriarki

Abstrak

Al-Qur’an Terjemahan Wanita adalah salah satu contoh mushaf yang terkomodifikasi (the commodified mushaf), sebuah fenomena Al-Qur’an kontemporer yang dicirikan dengan kebaruan tampilan, bentuk kaligrafi—termasuk pewarnaan teks, dan variasi parateks/teks tambahan. Dalam Al-Qur’an Terjemahan Wanita Cordoba yang saya teliti, teks tambahan baru ini memiliki lima titik narasi yang bernuansa patriarkis dan konservatif. Penelusuran sumber yang saya lakukan menunjukkan bahwa narasi-narasi patriarkis ini dirujuk dari karya-karya para tokoh dari gerakan Islamis tertentu. Dengan demikian, fenomena ini menunjukkan setidaknya dua hal. Pertama, pemilihan perempuan sebagai target konsumen membuktikan masih berlakunya tuduhan umum tentang identiknya perempuan pada pemujaan komoditas (commodity fetishism). Konsep yang terakhir ini juga menjelaskan mengapa Al-Qur’an untuk perempuan ini memiliki beragam fitur tambahan dan harus sebegitu stylish-nya. Kedua, kemunculan dan distribusi pemahaman konservatif ini merepresentasikan interseksi antara Islam dan konsumerisme, antara agama dan kapitalisme. Lebih jauh, ia menguatkan pandangan sosiolog yang mengatakan bahwa interseksi semacam ini hanya akan memproduksi dan mendistribusikan pemahaman konservatif tentang otoritas keislaman. Dalam keutuhannya, tulisan ini mencoba menawarkan model kajian baru terhadap perempuan dan Al-Qur’an.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Akbar, A. 2011. Pencetakan Mushaf Al-Qur’an di Indonesia. Suhuf 4(2), 271–287.

Azra, A. 2012. Intelektual Muslim Baru dan Kajian Islam. Studia Islamika 19(1), 191–202.

Brenner, S. 1996. Reconstructing Self and Society: Javanese Muslim Women and “the Veil.” American Ethnologist 23(4), 673–697.

Candraningrum, D. 2013. Negotiating Women’s Veiling: Politics & Sexuality in Contemporary Indonesia. Bangkok: Irasec.

Elmarsafy, Z. 2014. The Enlightenment Qur’an: the Politics of Translation and the Construction of Islam. London: Oneworld Publications.

Fathurrosyid. 2016. Pragmatika al-Qur’an: Model Pemahaman Kisah Maryam yang Terikat Konteks. Suhuf 9(2), 321–342.

Fealy, G. 2009. Consuming Islam: Commodified Religion and Aspirational Pietism in Contemporary Indonesia. dalam G. Fealy & S. White (Eds.), Expressing Islam: Religious Life and Politics in Indonesia (15–39). Singapore: Institute of Southeast Asian Studies.

Gade, A. 2004. Perfection Makes Practice: Learning, Emotion, and the Recited Qur’an in Indonesia. Honolulu: University of Hawai‘i Press.

Genette, G., & Maclean, M. 1991. Introduction to the Paratext. New Literary History 22(2), 261–272.

Gökar?ksel, B. 2009. Beyond the Officially Sacred: Religion, Secularism, and the Body in the Production of Subjectivity. Social and Cultural Geography, 10(6), 657–674.

Gökar?ksel, B., & Ellen McLarney. 2010. Muslim Women, Consumer Capitalism, and the Islamic Culture Industry. Journal of Middle East Women’s Studies 6(3), 1–18.

Haenni, P. 2005. L’Islam de march´e: L’autre r´evolution conservatrice. Paris: Seuil.

Hefner, R. W. 2000. Civil Islam: Muslims and Democratization in Indonesia. Pacific Affairs. Princeton, NJ: Princeton University Press.

Hefner, R. W. 2009. Making Modern Muslims: The Politics of Islamic Education in Southeast Asia. Honolulu: University of Hawai’i Press.

Hoesterey, J. 2008Marketing Morality: The Rise, Fall and Rebranding of Aa Gym. In G. Fealy & S. White (Eds.), Expressing Islam: Religious Life and Politics in Indonesia (95–112). Singapore: Institute of Southeast Asian Studies.

Ichwan, M. N. 2009. Negara, Kitab Suci dan Politik: Terjemah Resmi al-Qur’an di Indonesia. Dalam Sadur: Sejarah Terjemahan di Indonesia dan Malaysia (417–433). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Ikhwan, M. 2015. Challenging the State: Exegetical Translation in Opposition to the Official Religious Discourse of the Indonesian State. Journal of Qur’anic Studies 17(3), 121–157.

Jones, C. 2007. Fashion and Faith in Urban Indonesia. Fashion Theory 11(2–3), 211–231.

Jones, C. 2010a. Better Women: The Cultural Politics of Gendered Expertise in Indonesia. American Anthropologist 112(2), 270–282.

Jones, C. 2010b. Materializing Piety: Gendered Anxieties about Faithful Consumption in Contemporary urban Indonesia. American Ethnologist 37(4), 617–637.

Kitiarsa, P. (Ed.). 2008. Religious Commodifications in Asia: Marketing Gods. New York: Routledge.

Kitiarsa, P. 2010. Toward a Sociology of Religious Commodification. Dalam B. S. Turner (Ed.), The New Blackwell Companion to the Sociology of Religion (563–583). Singapore: Blackwell Publishing.

Lukman, F. 2019Thes State as the Political Interpreters: The History of al-Qur’an dan Terjemahnya by Indonesian Ministry of Religious Affairs. Albert-Ludwigs-Universität.

Luthfillah, M. D. 2018. Post-Islamism and the Sexual-Textual Politics in Indonesian Quran Translations for Women.

Muzakki, A. 2008. Islam as a Symbolic Commodity: Transmitting and Consuming Islam through Public Sermons in Indonesia. Dalam P. Kitiarsa (Ed.), Religious Commodifications in Asia: Marketing Gods (205–219). New York: Routledge.

Neuwirth, A. 2010. Two Faces of the Qur’?n: Qur’?n and Mushaf. Oral Tradition 25(1), 141–156.

Nisa, E. F. 2008. Indonesian Muslim Fashion: Styles & Designs. ISIM Review 22, 22–23.

Nugraha, E. 2014. Tren Penerbitan Mushaf dalam Komodifikasi Al-Qur’an di Indonesia. Ulumuna 18(2), 369–394.

Pink, J. 2009. Introduction. In J. Pink (Ed.), Muslim Societies in the Age of Mass Consumption: Politics, Culture and Identity between the Local and the Global (ix–xviii). Newcastle upon Tyne: Cambridge Scholars.

Pratama, A. R. 2018. Hak-hak Perempuan dalam Tafsir al-Ibr?z dan Tafsir T?j alMuslim?n. Suhuf 11(2), 283–308.

Riddell, P. G. 2009. Menerjemahkan al-Qur’an ke dalam Bahasa-bahasa di Indonesia. Dalam Sadur: Sejarah Terjemahan di Indonesia dan Malaysia (pp. 397–415). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Rudnyckjy, D. 2009. Spiritual Economies: Islam and Neoliberalism in Contemporary Indonesia. Cultural Anthropology 24(1), 104–141.

Schneider, L., & Dornbusch, S. M. 1958. Popular Religion: Inspirational Books in America. Chicago: University of Chicago Press.

Siegel, J. 1998. A New Criminal Type in Jakarta: Counter-Revolution Today. Durham, NC: Duke University Press.

Smith-hefner, N. J. 2007. Javanese Women and the Veil in Post-Soeharto Indonesia. The Journal of Asian Studies 66(2), 389–420.

Sya’rani, A. R. 2016. A Hermeneutic Reading of Qur’anic Exegesis:A Comparison of Amina Wadud’s and Mohammed Talbi’s Interpretations of Q.4: 34. Suhuf 9(2), 193–214.

Taylor, P. 2004. Goddess on the Rise: Pilgrimage and Popular Religion in Vietnam. Honolulu: University of Hawai’i Press.

Turner, B. S. 2008. New Spiritualities, the Media and Global Religion: da Vinci Code and The Passion of Christ. Dalam P. Kitiarsa (Ed.), Religious Commodifications in Asia: Marketing Gods (31–45). New York: Routledge.

Diterbitkan
2019-12-31
Bagian
Artikel