Pragmatics of the Qur'an: Model Pemahaman Kisah Sayyidah Maryam yang Terikat Konteks

  • Fathurrosyid Fathurrosyid Fak. Ushuluddin, Prodi Ilmu al-Qur'an dan Tafsir, INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep

Abstrak

Abstrak

Kata Kunci: Pragamtik, Tindak Tutur, Implikatur, Kisah Sayyidah Maryam

 

Kisah Sayyidah Maryam dalam al-Qur’a>n merupakan salah-satu kisah yang menarik dikaji dengan pendekatan pragmatik. Hal ini disebabkan, secara tekstual, beliau adalah publik figur yang fenomenal, bahkan mengalahkan status sosial perempuan lainnya, sehingga namanya terdokumentasikan dalam satu surat khusus yang populer dengan sebutan â€Surat Maryamâ€. Kecuali itu, kisah tersebut juga termasuk kisah yang kaya dengan nuansa konteks. Sementara posisi ilmu prgamatik sendiri  merupakan disiplin keilmuan yang mengkaji satuan bahasa dari sudut pandang relasi antara konteks linguistik yang bersifat diadik dan konteks non-linguistik yang bersifat triadik.

Penelitian ini hendak mengungkap dua hal; Pertama, apa yang dimaksud pragmatika al-Qur’a>n?. Kedua, bagaimana bentuk aplikasi pragmatik tindak tutur dan implikatur terhadap fragmentasi kisah kelahiran Sayyidah Maryam dalam al-Qur’an?. Tujuan kedua pertanyaan tersebut untuk memahami konsep prgamtika al-Qur’an, juga untuk mengungkap bentuk tindak tutur dan implikatur fragmentasi kisah kelahiran Sayyidah Maryam.

Penelitian ini menghasilkan kesimpulan; Pertama, pragmatika al-Qur’an adalah suatu disiplin ilmu yang mengkaji al-Qur’a>n dari sudut pandang relasi antara konteks kebahasaan dengan konteks non-kebahasaan. Kedua, tindak tutur fragmentasi kisah kelahiran Sayyidah Maryam yang terdapat dalam Qs. A<li ‘Imra>n (03): 36, lokusinya berupa kalimat informatif, sementara illokusinya merupakan bentuk kalimat asertif yang bermakna mengeluh. Adapun implikaturnya sebagai pelajaran, bahwa jika segala sesuatu telah dipasrahkan sama Allah swt. maka tidak pantas mencari kesalahan atas peraturan yang telah ditetapkan-Nya.

 

 

 

 

 

 

 

Abstract

Keywords: Pragamtik, Speech Acts, implicatures, Story of Sayyidah Maryam

 

The story of Sayyidah Maryam in the al-Qur'a>n is one-on-one interesting stories studied with a pragmatic approach. This is due, textually, he is a public figure who is phenomenal, even beating out other women's social status, so the name is documented in a special letter that is popularly known as "Surah Maryam". Except that, the story also included a story rich with nuances of context. While the position pragamatic science itself is a scientific discipline that examines unit of language from the perspective of the relationship between linguistic context that is both dyadic and non-linguistic context that is triadic.

This research seeks to reveal two things; First, what is meant pragmatic al-Qur'a>n?. Second, how the application form pragmatics of speech acts and implicatures to fragmentation birth story of Sayyidah Maryam in the al-Qur'a>n?. The second purpose of these questions to understand the concept pragamtic al-Qur'a>n, as well as to reveal the shape of speech acts and implicatures fragmentation of the birth story of Sayyidah Maryam.

This research resulted in the conclusion; First, the pragmatics of the al-Qur’a>n is a discipline that examines al-Qur'a>n from the viewpoint of the relationship between linguistic context with non-linguistic context. Second, the speech act fragmentation birth story of Sayyidah Maryam contained in Qs. A<li 'Imra>n (03): 36, locutionary acts be informative sentence, while illocutionary acts an assertive form meaningful sentences complaining. The implicature as a lesson,

that if everything was handled the same God, it is inappropriate to find fault with the regulations set his.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

al-Andalusi>, Abu> H{ayya>n, Tafsi>r al-Bah}r al-Muh}i>t}, Vol. III, Beirut: Da>r al-Fikr, 1420.

Ainin, Moh., Fenomena Pragmatika dalam al-Qur’an, Malang: Misykat, 2010.

al-Alu>si>, Abdulla>h al-H{usaini>, Ru>h} al-Ma’a>ni> fi> Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m wa al-Sab’u al-Mas#a>ni>, Vol. II, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1415.

Kuntowijoyo, Islam sebagai Ilmu Epistemologi, Metodologi dan Etika, Jakarta: Teraju, 2004.

al-Baid}awi>, Na>s}ir ad-Di>n, Anwa>r at-Tanzi>l Wa Asra>r at-Ta’wi>l, Vol. II, Beirut: Da>r al-Fikr, 1418.

Fathurrosyid, “Eksistensi al-Qur’a>n; Kajian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi†dalam Studi al-Qur’a>n, Surabaya: Kopertais IV Press, 2015.

-----------------, Semiotika Kisah al-Qur’a>n; Membedah Perjalanan Religi Raja Sulaiman dan Ratu Balqis, Surabaya: Pustaka Radja, 2015.

Chaer, Abdul, Sosiolinguistik; Perkenalan Awal, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Cummings, Louis, Pragmatik; Sebuah Perspektf Multidisipliner, terj. Eti Setiawati, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Eriyanto, Analisis Wacana; Pengantar Analisis Teks Media, Yogyakarta: LKiS, 2001.

Ghazali, Abd Muqsith, Metodologi Studi al-Qur’a>n, Jakarta: Gramedia Pustaka Agama, 2009.

‘Itr, Nur ad-Di>n, ‘Ulum al-Qur’a>n al-Karim, Damaskus: Matba’ah al-Sabah, 1414.

Ibn ‘Ar, Muh}ammad at-T{a>hir, at-Tah}ri>r wa at-Tanwi>r, Vol. XV, Beirut: Mu’asasah al-Tarikh al-‘Arabi, 2000.

al-Iska>fi>, al-Khat}i>b, Durrat at-Tanzi>l wa Gurrat at-Ta’wi>l, Beirut: Da>r al-Aq al-Jadi>dah, 1401.

al-Harari>, al-‘Alwi>, Tafsi>r H{ada>’iq ar-Ru>h} wa ar-Raih}a>n fi> Rawa>bi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n, Vol. XVII, Beirut: Da>r Tu>q al-Naja>h, 1421.

al-Jauzi>, Ibnu, Za>d al-Masi>r fi> ’Ilmi at-Tafsi>r, Vol. VIII, Beirut; Dar al-Fikr, 1407.

al-Kabi>si>, Sya>kir Ni’mah, at-Tafsi>r at-Tah}li>li>, Vol. I, Iraq: Markaz al-Buhuth wa al-Dirasat al-Islamiyyah, 1430.

al-Kirma>ni>, Mah}mu>d Ibn Hamzah, Asra>r al-Tikra>r fi> al-Qur’a>n, Vol. I, Kairo: Da>r al-I’tis}a>m, 1426.

Khali>fah, Akram, Jam’u al-Qur’a>n; Dirasah Tah}li>liyyah li Marwiyyatih, Beirut: Dar al-Kutb, 1427.

al-Khat}i>b, Abd al-Kari>m, at-Tafsi>r al-Qur’a>ni> Li al-Qur’a>n, Vol. II, Kairo: Da>r al-Fikr al-’Arabi>, t.th.

al-Khalwati>, al-H{anafi,> Tafsi>r Ru>h} al-Baya>n, Vol. V, Beirut: Da>r Ihya>’, t.th.

Levinson, Stephent C., Pragmatic, Cambridge: Cambridge University Press, 1983.

al-Mara>g}i>, Ahmad Must}afa>, Tafsi>r al-Mara>g}i>, Vol. III, Mesir: Musataf al-Babi al-Halabi, t.th..

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Mustansir, Rizal, Filsafat Analitik: Sejarah, Perkembangan dan Peranan Para Tokohnya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Mustaqim, Abdul, Epistemologi Tafsir Kontemporer, Yogyakarta: LKiS, 2012.

MS, Kaelan, Filsafat Bahasa; Masalah dan Perkembangannya, Yogyakarta: Paradigma, 2002.

Nababan, Ilmu Pragmatik; Teori dan Penerapannya, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1987.

Nadar, F.X., Pragmatik dan Penelitian Pragmatik, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

an-Nabha>n, M. Fa>ru>q, al-Madkhal Li at-Tasyri>' al-Isla>mi>, Beirut: Da>r al-Qalam, 1981.

an-Na>s}iri>, Muhammad al-Makki,> at-Taisi>r fi> Ah}a>di>s# at-Tafsi>r, Vol. I, Beirut: Dar al-Garb al-Islami, 1985.

Nurkamto, Joko, Pragmatik, Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret, 2002

Ghazali, Abd Muqsith, Metodologi Studi al-Qur’a>n, Jakarta: Gramedia Pustaka Agama, 2009.

Purwo, Bambang Kaswati, Pragmatik dan Pengajaran Bahasa; Menyibak Kurikulum 1984, Yogyakarta: Kanisius, 1990.

Purwo, Bambang Kaswati, Deiksis dalam Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka, 1984.

al-Qurt}ubi>, Abu> Bakar bin Farah}. al-Ja>mi’ Li Ah}ka>m al-Qur’a>n Wa al-Mubi>n Lima> Tad}ammanah Min al-Sunnah Wa An, Vol. IV, Riyad}: Da>r ’A{lam al-Kutub, 1423.

al-Qinnu>ji>, Lut}filla>h, Fath} al-Baya>n Fi> Maqa>s}id al-Qur’a>n, Vol. II, Beirut: al-Maktabah al-’As}riyyah, 1412.

Rahardi, R. Kunjana, Pragmatik, Yogjakarta: Erlangga, 2005.

ar-Ra>zi>, Fakhr ad-Di>n, Mafa>ti>h} al-Gai>b, Vol. VIII, Beirut: Da>r al-Kutb al-’Ilmiyyah, 2000.

al-S{a>bu>ni>, Muhammad ‘Ali>, Sofwat at-Tafa>si>r, Vol. I, Mekkah: Dar al-Sabuni, 1413

al-Sa>miri>, Fa>d}il S{a>lih}, Lamsa>t Baya>niyyah li Su>rat al-Qur’a>n, Vol. I, Beirut: Dar al-Fikr, t.th..

Sya>hi>n, ‘Abd as-S{abu>r, ‘Arabiyyat al-Qur’a>n, t.tp.: Maktabah al-Shahab, t.th.

at-T{ayya>r, Musa>’id Sulaima>n, at-Tafsi>r al-Lug}awi> li al-Qur’a>n al-Kari>m. Mekkah: Dar Ibnu al-Jauzi, t.th.

T{ant}a>wi>, Sayyid, at-Tafsi>r al-Wasi>t} li al-Qur’a>n al-Kari>m, Vol. II, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Wijana, I Dewa Putu, Dasar-dasar Pragmatik, Yogyakarta: Penerbit Andi, 1996.

al-Zamakhsyari>, Mah}mu>d Ibn ‘Umar, al-Kasysya>f ‘an Haqa>’iq G{awa>mid} at-Tanzi>l wa ‘Uyu>n al-Aqa>wi>l fi> Wuju>h at-Ta’wi>l, Vol. I, Beirut: Dar al-Kitab, 1407.

Zamzani, Kajian Sosiopragmatik, Yogyakarta: Cipta Pustaka, 2007.

az-Zuhaili>, Ibn Mus}t}afa>, Tafsi>r al-Munir fi al-‘Aqidah wa as-Syari’ah wa al-Manhaj, Vol. VI, Damaskus: Dar al-Fikr al-Mu’asir, 1418.

Diterbitkan
2017-08-14
Bagian
Artikel