KLASIFIKASI AŻ-ŻAHABĪ ATAS POSISI KITAB ‘ARĀ’IS AL-BAYĀN FĪ ḤAQĀ’IQ AL-QUR’ĀN KARYA RUZBIHAN BAQLĪ ASY-SYĪRĀZĪ: Sebuah Kajian Kritis

  • Saiful El-Mishry Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa

Abstrak

Muhammad Husain al-Dzahābī mengklasifikasikan tafsir sufi menjadi dua kategori, yakni tafsir naẓarī dan tafsir isyārī. Lebih lanjut, al-Dzahābī membuat daftar kitab sufi isyārī yang di dalamnya termasuk kitab tafsir ‘Arāis al-Bayān fī Haqāiq al-Qur’ān karya Ruzbihan Baqlī al-Syīrāzī. Namun, jika kita teliti, kitab tersebut tidak disertai penafsiran secara zahir. Beranjak dari masalah tersebut, tulisan ini berusaha mengkaji efektifitas konsep klasifikasi tafsir sufi al-Dzahābī dengan menelusuri fakta-fakta yang terdapat dalam ‘Arāis al-Bayān. Dengan menggunakan pendekatan historis-filosofis, dihasilkan beberapa kesimpulan sebagaimana berikut. Pertama, penafsiran al-Syīrāzī mempunyai relasi yang dekat dengan pemikiran-pemikiran tasawuf falsafi. Dengan demikian, kitab tersebut tidak tepat disebut sebagai isyārī. Kedua, kitab tersebut juga tidak bisa dikatakan naẓarī karena mempunyai hubungan yang erat dengan tasawuf sunni al-Qusyairī dan al-Tustarī. Ketiga, konsep klasifikasi tafsir sufi al-Dzahābī tidak efektif karena tidak mengakomodir analisis konteks historis al-Syīrāzī dan kaitannya dengan sejarah pasang-surut tasawuf dan tafsir sufi. Keempat, posisi kitab ‘Arāis al-Bayān dan al-Syīrāzī dalam sejarah perkembangan tasawuf ialah setelah terjadi konsolidasi antara tasawuf falsafi dan tasawuf sunni terutama dengan kedatangan al-Ghazālī. Karena itu, kitab tersebut di samping penafsirannya berhubungan dengan tasawuf falsafi-teoretis juga berkaitan dengan tasawuf sunni-‘amalī.
Diterbitkan
2017-09-05
Bagaimana cara menyitir
EL-MISHRY, Saiful. KLASIFIKASI AŻ-ŻAHABĪ ATAS POSISI KITAB ‘ARĀ’IS AL-BAYĀN FĪ ḤAQĀ’IQ AL-QUR’ĀN KARYA RUZBIHAN BAQLĪ ASY-SYĪRĀZĪ: Sebuah Kajian Kritis. SUHUF Jurnal Pengkajian Al-Qur'an dan Budaya, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 121 - 145, sep. 2017. ISSN 2548-6942. Tersedia pada: <http://jurnalsuhuf.kemenag.go.id/index.php/suhuf/article/view/196>. Tanggal Akses: 19 nov. 2017 doi: https://doi.org/10.22548/shf.v10i1.196.
Bagian
Artikel