Tafsir Aḥkām Pertama dari Pesantren: Telaah Awal atas Tafsīr Ayāt al-Aḥkām Min al-Qur`ān al-Karīm Karya Abil Fadhol as-Senory

  • muhammad asif STAI Al Anwar, Rembang

Abstract

Artikel ini akan melakukan telaah awal terhadap Tafsīr Ayāt al-Akām min al-Qur`ān al-Karīm karya Abil Fadhol as-Senory. Kajian ini menjadi penting tidak saja karena terjadinya kelangkaan tafsir Akām di Indonesia, tetapi juga untuk melihat jaringan intelektual ulama pesantren Jawa abad ke dua puluh. Tafsir Akām di samping memerankan posisi penting dalam pembentukan hukum Islam, juga menjadi sumber legalitas bagi perbuatan Muslim baik secara individual maupun kolektif. Kajian ini menemukan bahwa tafsir Akām ini merupakan tafsir Akām pertama di Pesantren, bahkan mungkin di Indonesia. Tafsir ini masih berbentuk manuskrip dan diajarkan kepada murid-murid Abil Fadhol pada 1970an. Berbeda dengan Tafsir Akām di dunia Islam pada umumnya, tafsir ini tidak disusun sesuai dengan urutan mushafi, tetapi sesuai urutan bab-bab yang lazim dalam kitab Fiqh, dimulai dari bab ahārah. Tafsir ini ditulis berbahasa Arab, dengan analisis Balaghah dan  Ushul Fiqh yang menarik.

 

Keywords: Abil Fadhol, Tafsir Akām, manuskrip, pesantren

References

Daftar Pustaka
Asif, Muhammad. 2013. Kiai Abil Fadhol as-Senory: Jejak Penulis Kitab Tashīl al-Masālik. Yogjakarta: Pustaka Pesantren.
Baidan, Nasrudin. 2000. Metodologi Penafsiran al-Qur`an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bruinessen, Martin van. 2015. Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat di Indonesia. Yogjakarta: Gading Publishing.
Burhanuddin Mamat S. 2006. Hermeneutika ala Pesantren. Yogyakarta: UII Press.
Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai.Jakarta: LP3S.
Fadhol, Abil. 1994. Aḥlā al-Musāmarah fī Ḥikāyah al-Auliyā’ al-Asharat. Bangilan: Majlis al-Ta’lif wa al-Khaththath.
__________ t.th. a. al- Kawākib al-Lammā’at fī Taḥqīq al-Musammā bi Ahli as-Sunnah wa al-Jamā’ah, Kudus: Kereta Putera.
__________. t.th. b. al-Durr al-Farīd fī Syarḥ Jawharah al-Tauḥīd. t.t: t.p. t.th
__________ .t.th. c. Tafsīr Ayāt al-Aḥkām min al-Qur`ān al-Karīm. t.t: t.p. t.th. Naskah tidak diterbitkan.
Ghuzī (al-), 2003. Muḥammad bin Qāsim. Fatḥ al-Qarīb al-Mujīb fī Syarḥ Alfāẓ al-Taqrīb. Jakarta: Dār al-Kutub al-Islāmiyyah.
Jalil, Abu Hamdan Abdul. “Muqaddimah al-Kātib” dalam Abil Fadhol, t.th. al- Kawākib al-Lammā’ah fī Tahqīq al-Musammā bi ahli as-Sunnah wa al-Jamā’ah. Kudus: Kereta Putera.
Khālidī (al-), 2008. Ṣāliḥ ‘Abd al-Fattāḥ. Ta’rīf al-Dārisīn bi Manāhij al-Mufassirīn. Damaskus: Dār al-Qalam.
Khayr, Abul .“asy-Syaikh al-Mu’ammir Kiai Abdus Syakur as-Swedangi” dalam
Zubeir, Maemoen.t.th. Tarājim Masyāyikh al-Ma’ahid ad-Dīniyyah bi Saranj al-Qudamā’. Rembang: Ponpes Al-Anwar Sarang, hlm: 37-47.

Khuluq, Lathiful. 2000. Fajar Kebangunan Ulama Biografi KH. Hasyim Asy’ari ( Yogyakarta:LkiS.
Qaṭṭān (al-), Manā’ bin Khalīl. Mabāḥith fī ‘Ulūm al-Qur`an. Kairo: Maktabah Wahbah. t.th
Rāzī (al-), 2000. Fakhr al-Dīn Muḥammad bin ‘Amr al-Tamīmī. Mafātīḥ al-Gayb. Riyāḍ: Dār ‘Ālim al-Kutub.
Riddel, Peter G. 2014. “Variation on Exegetical Theme: Tafsir Foundation in Malay World”. Studia Islamika, Vol. 2. No 2, hlm. 259-292.
Saha (El-), M. Ishom. 2010 “Mengatasi Kelangkaan Tafsir Aḥkām di Tengah Komunitas Penggiat Fikih Nusantara”. dalam Ṣuḥuf. Vol. 3, No. 2.
al-Ṣābūnī‘, Alī. 2004. Tafsīr Ayāt al-Aḥkām min al-Qur’ān. Beirut: Dar Ibn Abbūd.
Taringan, Azhari Akmal. 2014. “Reorientasi Kajian Tafsir Aḥkām di Indonesia dan Peluang Pengembangannya: Sebuah Survei Singkat”. dalam Jurnal Syari’ah. Vol. 06, No. 2.
Zarqānī (al-), 2010. Muḥammad bin ‘Abd al-‘Aẓīm. Manāhil al-‘Irfān fī ‘Ulūm al-Qur`an. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Zubeir, Maemoen.t.th. Tarājim Masyāyikh al-Ma’ahid ad-Dīniyyah bi Saranj al-Qudamā’. Rembang: Ponpes Al-Anwar Sarang.
Wawancara
Wawancara dengan kiai Mustofa Bisri di kediaman, Rembang, 22 Juli 2011
Wawancara dengan kiai Mahmud, Sedan, Rembang , Rembang 24 Februari 2011.
Wawancara dengan kiai Khaizul Ma’ali, Rembang, 5 September 2010.

Wawancara dengan kiai Abdul Jalil, putera pertama Abil Fadhol, Senori, 15 September 2010
Wawancara dengan kiai Minanur Rahman, murid skaligus menantu kiai Abil Fadhol, Sedan, Rembang, 2011, dan 18 Juli 2014.
Wawancara dengan Abdullah Mubarok, cucu kiai Abul Khayr, Sarang, Rembang, 2016.
Wawancara dengan Mujami’, santri Abil Fadhol generasi 1970an, Senori, Desember 2016.
Published
2018-01-26
Section
Articles