Beberapa Aspek Penggunaan Rasm dan Tanda Tajwid pada Mushaf Kuno Lingga

  • Mustopa Mustopa Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an

Abstract

Tulisan ini bertujuan menggambarkan mushaf Al-Qur’an kuno Kepulauan Lingga koleksi Museum Linggam Cahaya dari kodikologinya. Bagian penting lainnya yang dijelaskan adalah tentang penggunaan rasm, tanda tajwid dan tanda waqaf. Dari aspek penggunaan rasm terlihat bahwa mushaf-mushaf kuno ini lebih bayak menggunakan rasm imla`i disbanding rasm usmani. Penggunaan tanda tajwid dengan menggunakan lambang tertentu terdapat pada beberapa mushaf, sedangkan yang lainnya tidak. Demikian halnya tanda  waqaf. Seluruh gambaran tersebut diperoleh melalui metode deskriptif analitis, dan komparasi. Dari situ diperoleh gambaran yang relatif objektif tentang kecenderungan, konsistensi, dan penggunaantanda baca, tajwid, dan waqaf pada masing-masing mushaf kuno yang dikaji.

Kata Kunci: Al-Qur’an Kuno, Rasm Usmani, Tanda Tajwid, Tanda Waqaf

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Ali “Khazanah Mushaf Kuno Nusantaraâ€, dalam Filologi dan Islam Indonesia, (ed. Oman Fathurrahman, dkk), Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2010.

________, “Tradisi Lokal, Tradisi Timur Tengah dan Tradisi Persia-India: Mushaf-Mushaf Kuno di Jawa Timurâ€. Jurnal Lektur Keagamaan, Vol. 4 No. 2.

Bafadal, Fadhal AR. (ed.) Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia, Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2005.

Day, Tony dan Keith Foucher, Sastra Indonesia Modern Kritik Postkolonial, Jakarta: Yayasan Obor Indoneisa, 2007.

Ishak, Hikmat Warisan Riau: Tanah Melayu Indonesia yang Legendaris. Pekanbaru: Yayasan Warisan Riau, 2001.

Khairunnas Jamal & Idris Haris, Inventarisasi Naskah Klasik Kerajaan Lingga, dalam Jurnal, Sosial budaya: Media Komunikasi ilmu-ilmu Soaial dan Budaya, Vol. 11, No. 1 Januari – Juni 2014.

Laporan Penelitian Mushaf Kuno, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Jakarta 2014.

Mazmur Sya’roni (penyunting), Pedoman Umum Penulisan dan Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dengan Rasm Usmani, Jakarta: Departemen Agama RI, 1999.

Mushaf Standar Kementerian Agama RI, 2012.

Mustopa, “Keragaman Qiraat dalam Kesaksian Mushaf Kuno Nusantara (Studi Mushaf Kuno Kesultanan Ternate)â€, Jurnal Suhuf, Vol 7, No. 2 November, 2014.

Purnama, Indra Jalan-jalan ke Kepri, Jakarta: Gagas Media, 2010.

Syaifuddin, “Beberapa Karakteristik Mushaf Kuno Jambi, Tinjauan Filologis-Kodikologisâ€, Jurnal Suhuf, Vol 7, No. 2 November, 2014.

Syatri, Jonni “Mushaf Al-Qur’an Kuno di Museum Institut PTIQ Jakarta: Kajian Beberapa Aspek Kodikologi terhadap Empat Naskah, Jurnal Suhuf, Vol 7, No. 2 November, 2014.

Teh Gallop, Annabel “Seni Mushaf di Asia Tenggara†(terj. Ali Akbar), Lektur, Vol. 2, No. 2, 2004.

_________ dan Ali Akbar, The Art of The Qur’an in Banten: Caligraphy and Illuminationsâ€. Paris: Arcipel, 2006.

Tim Terjemah Kementerian Agama, Terjemah Kementerian Agama RI, Jakarta, 2011.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kesultanan_Lingga.

Zainal Arifin, “Kajian Ilmu Rasm dalam Mushaf Indonesia†dalam Jurnal Suhuf, Vol. No. 1 2013.

Published
2015-11-14
How to Cite
Mustopa, M. (2015). Beberapa Aspek Penggunaan Rasm dan Tanda Tajwid pada Mushaf Kuno Lingga. SUHUF, 8(2), 283 - 302. https://doi.org/10.22548/shf.v8i2.6
Section
Articles