Menelisik Minat Masyarakat dalam Memilih Mushaf Al-Qur'an Standar Indonesia di Pulau Jawa

  • Zaenal Arifin Madzkur

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang kecenderungan minat masyarakat dalam memilih mushaf Al-Qur’an Standar di Indonesia di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih Mushaf Al-Qur’an dan jenis tulisan Al-Qur’an yang diminati. Variabel yang menjadi alat ukur dalam penelitian ini terdiri atas; kualitas tulisan, kualitas produk, penerbit (merk), kemasan/fitur, harga, ketersediaan, acuan, konten, dan promosi serta mencari model jenis tulisan yang paling diminati oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel yang sebanyak 753 dari 6 Provinsi di Pulau Jawa. Lokasi penyebaran angket ini berbasis pada IPM (indeks pembangunan manusia) yang telah ditetapkan BPS (Badan Pusat Statistik). Sampel akan diambil dari wilayah yang  memiliki IPM tinggi, sedang dan rendah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih Mushaf Al-Qur’an secara berurutan dari rangking tertinggi sampai terendah adalah; kemasan/fitur, kualitas produk, penerbit, kualitas tulisan, ketersediaan, konten, harga, acuan dan promosi. (2) Adapun jenis tulisan Mushaf Al-Qur’an yang paling diminati masyarakat adalah mushaf B (mushaf Standar model penyesuaian).

 

Keyword: Kecenderungan, Mushaf Al-Qur’an Standar dan Masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Akbar, ‘Pencetakan Mushaf Al-Qur’an di Indonesia,†Suhuf, Vol. 4 No. 2, 2011, h. 271-287.

Daymon, Christine, Metode-metode Riset Kualitatif, Yogyakarta: Bentang, 2008.

Hamam Faizin, Sejarah Pencetakan Al-Qur’an, Yogyakarta: Era Baru Pressindo, 2012, h. 148-166.

http://quran-nusantara.blogspot.com/2012/06/perkembanganmushaf-al-quran-di.html di akses pada tanggal 13 November 2014.

Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Lampiran Mushaf Al-Qur’an Al-Karim, Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, 2013, h. 25

Laporan Dokumen Daftar Pendistribusian Pengiriman Mushaf Al-Qur’an Dirjen Bimas Tahun 2012.

Laporan Kegiatan Penelitian Penggunaan Mushaf Al-Qur’an Standar di Masyarakat, Jakarta: LPMA Badan Litbang dan Diklat Kemenag, 2012, h, 5.

Laporan Kegiatan Penelitian Penggunaan Mushaf Al-Qur’an Standar di Masyarakat, Jakarta: LPMA Badan Litbang dan Diklat Kemenag, 2012

LPMA, Laporan Penelitian Mushaf Al-Qur’an dalam Masyarakat, Jakarta: LPMA, 2011.

LPMA, Laporan Penelitian Mushaf Al-Qur’an dalam Masyarakat, Jakarta: LPMA, 2012.

Mengenal Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Agama Departemen Agama, 1994/1995, h. 13.

Mohaammad Mulyadi, Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta, Publica Institute, 2010.

Muhammad Shohib, et.al, Sejarah Penulisan Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia, Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2013

Raco, J.R., Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D, Bandung: Penerbit ALFABETA, 2011

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan ke dua, Yogyakarta: CAPS (Center for Akademic Publishing Service).

Kotler, Philip; Ang, Swee Hoon; Leong, Siew Meng; Tan, Chin Tion (2000). Manajemen Pemasaran: Perspektif Asia, Buku 1, Yogyakarta : Penerbit Andi.

QuestionPro (2006). Advertising Evaluation Survey, http://www.questionpro.com, Diakses 10 April 2006.

Published
2016-11-15
How to Cite
Madzkur, Z. (2016). Menelisik Minat Masyarakat dalam Memilih Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia di Pulau Jawa. SUHUF, 9(1), 169 - 186. https://doi.org/10.22548/shf.v9i1.121
Section
Articles